Berita Empire

Berita Terbaru Setiap Harinya.

Starlink Bakal Meluncur Pertengahan Mei 2024
BERITA TERKINI TEKNOLOGI

Starlink Bakal Meluncur Pertengahan Mei 2024

Starlink Bakal Meluncur Pertengahan Mei 2024

BeritaEmpire, Jakarta – Starlink Bakal Meluncur Pertengahan Mei 2024. Internet berbasis satelit milik Elon Musk, Starlink, bakal segera beroperasi di Indonesia pada pertengahan Mei 2024. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

“Secara resmi, kami akan meluncurkan Starlink dalam waktu dua minggu dari sekarang,” ujar Luhut, Senin (6/5/2024).

Menurut Luhut, peluncuran Starlink ini akan berdampak baik bagi Indonesia. Pasalnya, menurut dia, ada banyak blink spot atau wilayah yang tak terkover internet di Indonesia. Titik-titik ini membutuhkan akses internet.

Bahkan Luhut menuturkan, saat ini Indonesia bersama Starlink telah menandatangani kesepakatan dan lisensi untuk mengoperasikan layanan internet Starlink di Indonesia.

Luhut mengaku sudah berbicara dengan Elon Musk terkait dengan operasional Starlink di Indonesia.

“Saya sudah berbicara dengan Elon Musk hari ini, tiga hari yang lalu. Kami akan melakukan sesuatu, namun belum secara resmi kami umumkan. Saya rasa, kami akan mengumumkan hal itu di Bali secepatnya,” kata Luhut Binsar Pandjaitan.

Starlink Bakal Jangkau Daerah yang Sulit Diakses

Starlink Bakal Meluncur Pertengahan Mei 2024. Sementara itu, sebelumnya Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan Starlink akan menjangkau area yang selama ini dinilai memiliki tantangan geografis dan tidak mendapatkan akses internet dari penyelenggara jasa internet di Indonesia (ISP).

Oleh karena itu, menurut Budi pula, Starlink tidak akan merusak ekosistem ISP lokal.

Beberapa waktu lalu, Budi Arie Setiadi juga membenarkan kalau Starlink telah mendapatkan sertifikat laik operasional setelah menjalani uji laik operasional (ULO).

Dengan didapatkannya sertifikat tersebut, Starlink sudah memiliki izin sebagai penyelenggara telekomunikasi di Indonesia.

Menurut Budi, kewajiban Starlink pun sama dengan pemain lokal termasuk penyedia layanan internet berbasis seluler.

Mengenai Starlink, sebelumnya Budi Arie menyebutkan layanan satelit internet milik Elon Musk ini akan menguji coba jaringan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada pertengahan Mei 2024.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *